Tips Foto Produk Handmade

Tips Foto Produk ala Craft Loverz.

Kali ini Craft Loverz mau berbagi tips foto yang sering Craft Loverz gunakan untuk foto produkya Craft Loverz. Semoga tips ini bisa membantu teman-teman yang kesulitan untuk membuat foto produk handmadenya terlihat lebih cantik.

1. Cari latar foto yang bagus.
Latar foto itu menentukan banget karena berpengaruh pada keindahan hasil foto nantinya. Bandingkan sajalah foto sekedar atas di lantai dengan foto sekedar di rumput yang bagus. Padahal produknya sama, cara fotonya sama, tapi orang bakal lebih suka ngeliat yang latar fotonya lebih bagus.

2. Ada cukup cahaya untuk produk yang kita foto.
Sebenarnya cahaya alami sangat bagus, karena itu kalau bisa foto di tempat yang terbuka pada pagi hari. Jadi cahaya yang ada cukup untuk menyinari produk namun tidak memberi bayangan yang terlalu gelap pada sisi yang tidak terkena cahaya. Tapi jika memang tidak bisa, kita dapat memberi cahaya tambahan pada produk. Caranya yaitu dengan menggunakan lampu untuk menyinari produk. Disini yang sering dipakai adalah lampu belajar karena cahayanya dapat diarahkan sesuka kita.

3. Tidak harus menggunakan kamera DSLR.
Kalau teman-teman hanya ada kamera saku sudah sangat bagus. Bahkan hanya pakai kamera handphone juga sudah bagus, karena kita dapat menampilkan beberapa foto untuk 1 produk. Jadi walaupun dengan kamera hp tidak mampu menunjukan detail produknya, kita dapat menambah foto-foto lain untuk menunjukan detail-detail yang belum terlihat pada foto utama. Misalnya gini, teman-teman memfoto sebuah bandana yang ada bunganya. Foto utamanya adalah foto yang memperlihatkan keseluruhan bandana tersebut. Kemudian foto kedua adalah foto dari dekat yang memperlihatkan ternyata pada bunganya terdapat sari bunga yang sangat cantik dari flower deco. Seperti itu teman-teman, jadi sebenarnya untuk foto produk tidak harus pakai DSLR.

4. Penambahan ornamen foto.
Hiasan foto juga dapat mempercantik foto seperti ketika memfoto flower crown yang dipasang pada kepala manekin, kita dapat menambahkan beberapa bunga artificial di bawah manekin untuk menambahkan kesan cantik pada foto tersebut.
 
5. Banyak foto dan editing.
Jadi intinya kita pakai kamera digital yang bisa dibilang bisa foto berkali-kali, berbagai gaya, sampe bosen.. kayak teman-teman yang lagi selfie-selfie. Jadi dengan banyak foto yang sudah diambil, kita dapat memilih foto mana yang terbaik dan kita gunakan sebagai foto produk kita. Selanjut editing, tapi janga terlalu berlebihan ya.. supaya ga dikira operasi platik (hehee…), editing ini terutama untuk meng-crop (memotong) bagian foto yang kelebihan dan tidak ingin kita tampilkan. Download aja lewat hp nya di playstore dengan kata kunci “edit foto”. Nanti ada banyak sekali aplikasi yang dapat dipilih untuk mengedit foto produk. Gak usah susah-susah, meskipun banyak menu, banyak tools, banyak setingan dan template pada aplikasi tersebut, teman - teman sudah cukup dengan bisa meng-crop bagian yang tidak dinginkan.

6. Jangan mengedit foto berlebihan.
Yaph.. jangan berlebihan.. karena yang berlebihan tidaklah bagus. Sekarang banyak foto selife yang bisa pakai telinga hewan yang lucu-lucu. Jadi pas edit foto jadi pengen menambah gambar hati dan gambar bunga berwarna-warni pada foto produknya. Hal seperti ini jangan dilakukan ya. Karena hal itu membuat foto kita nampak murah dan kurang mewah. Kalau cuma menambahkan logo/merk itu baru boleh. :)

7. Percayalah foto sendiri lebih baik dari pada pakai foto milik orang lain.
Rumput tetangga selalu nampak lebih hijau. Ya, memang setelah kita memfoto produk, kita masih merasa foto milik kita kurang bagus, namun percayalah, foto sendiri adalah yang terbaik.

Jadi teman-teman crafter dicoba aja deh foto-foto produknya, pakai tips-tips yang kita kasih, dan bisa juga cari tips-tips lain di internet, nanti teman-teman crafter pasti bilang ternyata gak susah kok foto produk (yeeaaayyyy....)
Nah untuk kebutuhan latar foto dan ornamen, bisa juga cari-cari di Craft Loverz ya, kita punya beberapa background dan ornamen untuk mempercantik foto cari saja pada album display dan bisa juga klik di www.craft-loverz.com

Jika tipsnya berguna, bisa bantu SHARE juga ya, siapa tau bisa bermanfaat buat teman-teman yang lainnya. Happy Crafting :) :) :)


Craft Loverz

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Visit Us

Diberdayakan oleh Blogger.