Tips Menggunakan Lem Tembak / Lem Lilin

Tips Menggunakan Lem Tembak (ala Craft Loverz)



Siapa sih yang ga tau lem tembak? Ya glue gun yang kita kenal dengan nama lem tembak, lem lilin atau lem bakar yaitu lem dengan keunggulan lebih cepat merekat dan lebih cepat kering jika dibandingkan dengan jenis lem lainnya.

Sebenernya glue gun sendiri dibedakan menjadi 2 jenis, tipe bosch yang memiliki daya tinggi (watt nya gede) untuk keperluan industri dan satu lagi tipe GG yang watt nya kecil dan biasa dipakai untuk kerajinan atau nge-craft.




Tapi apa ada yang kesulitan menggunakan lem tembak? Apa ada yang hasil lem nya berasa kurang melekat dengan baik? 
Nah ini dia tips nya :
1. Lem tembak adalah lem yang memerlukan panas untuk penggunaannya. Jadi penting banget nih buat panasin dulu alat lem tembaknya 3-5 menit sebelum digunakan.
2. Pastikan lem nya sudah cukup cair / meleleh agar hasil rekatannya baik. Bisa dicoba keluarkan lemnya pada cutting mate atau kertas bekas. Lem yang belum siap biasanya masih terlalu kental dan pelatuk pistolnya terasa keras ketika menembakan lem. Jadi tunggu beberapa menit lagi agar panasnya sesuai ya.

3. Perhatikan bahan yang dilem. Lem tembak sangat baik di aplikasikan pada bahan yang keras seperti kayu, plastic tebal, logam, dan dapat juga diaplikasikan pada kain, flanel, pita dan lain-lain. Namun lem tembak tidak akan berfungsi dengan baik pada benda-benda yang terbuat dari kertas, styrofoam, plastik tipis dan sejenisnya.
4. Pergunakan lem secukupnya, tidak terlalu banyak, tidak juga terlalu sedikit namun cukup untuk benda yang di lem terasa masuk membenam ke dalam cairan lem. Bagian yang melumer akan membantu merekatkan benda namun yang melumer berlebihan akan mengurangi keindahan produk. Hati-hati jika ingin menghilangkan lem yang masih cair karena panasnya dapat menyakitkan jika terkena kulit.
5. Terakhir jangan lupa rajin-rajin membersihkan ujung alat lem tembak, karena ujung alat yang kotor akan mengurangi kinerja alat dan hasil dari pengelemannya. Bersihkannya saat alat sudah dingin ya.




Semoga tipsnya bisa membantu ya & Happy Crafting  

www.craft-loverz.com 

Craft Loverz

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Visit Us

Diberdayakan oleh Blogger.